03/03 2015

Biaya Facebook Ads – Mana yang lebih baik, CPC atau CPM?

ilustrasi facebook ads

Beberapa hari kemarin seorang relasi kerja menanyakan biaya Facebook Ads untuk keperluan launching produk terbaru perusahaannya. Beriklan di Facebook memang efektif karena dapat menjangkau target pasar yang lebih spesifik berdasar jenis kelamin, umur, kota tempat tinggal, dan lain-lain. Selain itu, menurut informasi yang saya dapat dari buku WWW.HM, situs jejaring yang satu ini masih menjadi primadona sosial media dengan angka 40%, mengalahkan Twitter 14% dan Linkedin 11%.

Jejaris sosial paling populer

Untuk itu, mengetahui perhitungannya sangat diperlukan agar dana marketing Anda tidak kebobolan di tempat yang kurang tepat

Cara perhitungan biaya iklan di Facebook ada dua:

1. CPC (Cost Per Click)

Dengan tipe ini, kita sebagai pemasang iklan membayar hanya jika iklan kita diklik oleh pengguna. Jadi, jika iklan tidak diklik, kita tidak perlu membayar sepeser pun. Biaya perkliknya relative, tergantung dari jenis iklan yang kita beli, kemana iklan tersebut diarahkan, dan faktor-faktor lainnya. Ketika kita memilih CPC, Facebook secara otomatis akan memberikan range suggest biaya. Misalnya jika Facebook memberikan suggest 5.000 – Rp. 10.000, dan Anda memilih Rp. 8.000, maka angka 8 ribu itu lah yang akan dijadikan patokan harga tertinggi penayangan iklan Anda. Harga tersebut tidak fix, bahkan sangat besar kemungkinan harganya diturunkan jika iklan yang Anda tayangkan bagus.

2. CPM (Cost Per Mille)

Dengan tipe CPM, advertiser akan membayar setiap iklannya dilihat oleh 1000 impresi/tampilan. Berbeda dengan CPC, kita harus membayar walaupun tidak ada satupun yang mengklik iklan yang kita tayangkan. Biayanya kurang lebih sama seperti CPC, sekitar Rp. 5000 – Rp.10.000 untuk 1000 impresi.

Mana yang lebih baik? Pilih CPC atau CPM?

Berdasarkan pengalaman tim Ekspansi Digital, tidak ada yang PALING baik diantara keduanya. Untuk mendapat hasil terbaik dari setiap iklan yang Anda yang tayangkan, kita harus melakukan uji coba menggunakan keduanya. Sebagai contoh: tayangkan iklan CPC untuk 2 hari dengan budget Rp. 10.000, kemudian iklan CPM dengan budget Rp. 10.000 untuk 2 hari juga. Setelah penayangan iklan, lihat tipe mana yang paling banyak menghasilkan like, comment, atau share. Tipe yang paling banyak berarti yang terbaik untuk iklan Anda.

Demikian informasi mengenai biaya Facebook Ads. Semoga bermanfaat. Di artikel selanjutnya kami akan membahas type-type iklan di Facebook berdasar penempatannya.

Leave a Comment